Taman Vertikal

Taman Vertikal atau vertical garden ini memang merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang ingin memiliki taman namun terkendala oleh minimnya lahan yang dimiliki. Taman Vertikal ini konsepnya pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli botani berkebangsaan Perancis bernama Patrick Blanc pada tahun 1994. Dan kemudian mulai menyebar ke berbagai negara lain termasuk Indonesia. Hingga saat ini, konsep Taman Vertikal ini, sudah banyak dipakai oleh para pengembang properti di Indonesia, terutama di kota – kota besar yang terkendala dengan lahan yang terbatas. Taman Vertikal produk kami adalah Taman Vertikal sistem Pocket Karpet Glasswool / geotextile.  Dalam sistim ini, kami menggunakan frame / rangka dari baja ringan zincalume omega ataupun kanal C. Bahan ini kami gunakan karena baja ringan adalah bahan yang sangat kuat, tahan lama, tahan karat karena berasal dari campuran zink dan alumunium, namun ringan dan mudah serta efisien cara pengerjaannya.  Biasanya baja ringan ini ditanam di tembok dengan bantuan vertical garden dynabold atau dinabold untuk Taman Vertikal.

Didepan baja ringan, kami gunakan polycarbonate sebagai bahan untuk melindungi tembok agar tidak lembab.  Polycarbonate juga digunakan sebagai pelapis rigid agar media tanam tetap lurus dan aliran air irigasi akan terjamin merata bertahun-tahun. Sehingga Taman Vertikal tsb bisa bertahan lama.
Didepan polycarbonate, media tanam berupa karpet dua lapis yang dibuat
menjadi  kantung-kantung untuk tanaman, dari bahan glasswool atau geotextile dan ditempelkan dengan bantuan baut rouping tahan karat.  Dengan baut rouping anti karat ini, karpet media tanam akan melekat kuat dan tahan lama bertahun-tahun, bahkan lebih dari 10 tahun.
Tanaman hias yang kami gunakan adalah jenis tanaman tahunan, yaitu tanaman yang tumbuh dengan siklus terus menerus bertahun-tahun tidak mati.   Berbeda dengan tanaman setahun yang hanya tumbuh ber bunga berbuah kemudian mati setelah menyelesaikan satu siklus hidupnya.
Aneka jenis tanaman yang ditanam juga jenis tanaman yang memiliki ukuran dewasa tidak terlalu besar, dan menyerupai semak saja, sehingga tidak perlu terlalu sering dipangkas karena membesar, mengingat pemangkasan tanaman dalam vertical garden biasanya memiliki tingkat kesulitan tersendiri.  Kami juga menghindari penggunaan jenis tanaman merambat, karena akan merusak pola atau layout tata letak tanaman, dimana setelah beberapa lama ditanam kemudian tanaman merambat akan menutupi tanaman lainnya.

 

Sistem Pengairan Taman Vertikal

 

Sistim pengairan tanaman Taman Vertikal kami gunakan jenis penyiraman drip irigasi atau irigasi tetes.  Sistim ini kami padukan dengan sistim otomatis dimana air akan mengalir hanya pada saat siang hari, setiap 3 jam sekali, dan sekali penyiraman cukup 2 sampai 3 menit saja, sehingga air digunakan secara efisien.
 Dengan bantuan timmer controller dan soTaman Vertikallenoid valve, semua sistim irigasi berjalan secara otomatis menghemat tenaga kerja.
 Pemupukannya kami gunakan pupuk lengkap hydroponics jenis AB Mix sehingga tanaman akan tumbuh secara sempurna walaupun tidak menggunakan media tanam berupa tanah ataupun pupuk kandang.
Untuk pemesanan jasa Taman Vertikal/Vertical Garden silakan hubungi 
Anis. R
085779916061
 

Incoming search terms:

  • jasa taman vertikal pengasinan
  • karpet alternatif untuk vertical garden
  • karpet polycarbonrt
  • sistem pengairan taman
  • taman vertical dengan aliran air
  • vertical garden kantung karpet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *